9 Cara Cek Samsung Asli atau Palsu

  • Share

Merk smartphone saat ini memang sangat banyak, salah satu yang terkenal adalah Samsung. Sayangnya ada oknum nakal yang membuat replikanya dan dijual bebas di outlet atau toko online. Oleh karena itu penting untuk mengetahui cara cek Samsung asliatau tidak.

Samsung palsu tentu sangat merugikan pecinta original. Namun secara sekilas, tampilan antara yang KW dengan original tidak jauh berbeda. Jadi harus diteliti ya. Jika Anda penasaran bagaimana cara mengeceknya? Ini dia penjelasan lengkapnya!

Cara untuk Cek Samsung Asli atau Tidak

Sebagai pembeli berkewajiban untuk memiliki sifat teliti dalam memilih produk. Apakah asli atau palsu. Hal ini sangat penting karena smartphone palsu dijual dengan harga yang sama namun kualitas jauh di bawah rata-rata. Nah ini dia cara mengeceknya:

1. Tampilan Layar

Tampilan-Layar

Pertama kali yang bisa Anda lihat adalah tampilan layar. Samsung asli memiliki bentuk yang sesuai dengan gambar yang ada di promo, bagus, layar penuh dari atas hingga bawah dan menyisakan bezel tipis.

Hal tersebut tentu berbeda dengan versi KW nya yang mana bentuk layar tidak penuh sehingga bezel yang tersisa sedikit lebih lebar. Selain itu dari segi kecerahan, biasanya Samsung palsu lebih pudar warnanya dibandingkan yang asli.

2. Tes LCD

Tes-LCD

Cara cek samsung asli yang kedua adalah dengan melakukan tes LCD apabila sudah terlanjur membelinya. Cukup ketikkan kode *#0*# di menu panggilan.

Smartphone akan menampilan spesifikasi secara lengkap seperti kamera, suara, layar sentuh dan lain sebagainya.

Ada lagi cara lainnya yaitu dengan mengetikkan kode *#*#4636*#*# di menu panggilan. Setelah semua informasi tertera di layar, Anda harus menyesuaikannya dengan spesifikasi resminya yang ada di website atau dusbook.

Apabila ada yang berbeda, maka sudah bisa dipastikan itu palsu dan Anda bisa menukarkan di gerai tempat membeli. Namun jika membeli di toko online, maka harus melakukan pengembalian terlebih dahulu.

Oleh karena itu agar aman lebih baik Anda membeli di gerai resminya saja, karena sudah dijamin originalitasnya. Sampai sini paham kan?

3. Kode Khusus IMEI

Kode-Khusus-IMEI

Perlu Anda ketahui bahwasanya masing-masing ponsel memiliki kode IMEI yang bermanfaat untuk mengecek apakah Samsung tersebut asli atau tidak. Caranya Anda bisa mengetikkan *#06*# pada menu panggilan dan akan tertera informasi nomor IMEI.

Silahkan mencocokkannya dengan IMEI yang tercantum pada dusbook atau alamat khusus untuk identifikasi keaslian IMEI. Anda juga bisa mengecek versi firmwarenya dengan kode *#123*#, apabila smartphone bisa membacanya, maka bisa dipastikan itu asli.

Sebaliknya, jika tidak maka smartphone tersebut palsu. Anda tidak boleh terburu-buru keluar dari gerai ya ketika sudah mendapatkan handphone, gunakan cara ini untuk mengecek keasliannya.

4. Melalui Samsung Kies

Iphone palsu atau tidak bisa dicek menggunakan iTunes, sedangkan Samsung bisa melalui Samsung Kies yang merupakan software resmi untuk menghubungkan smartphone atau tablet ke komputer. Berikut ini langkah-langkah menggunakannya:

  • Instal Samsung Kies pada PC atau laptop.
  • Apabila sudah terpasang, maka hubungkan smartphone Samsung ke PC atau laptop menggunakan kabel data.

Apabila-sudah-terpasang-maka-hubungkan-smartphone-Samsung-ke-PC-atau-laptop-menggunakan-kabel-data

  • Smartphone asli akan bisa langsung terdeteksi dan terhubung dengan Samsung Kies, jika tidak maka bisa dipastikan palsu.

Bagaimana cara di atas cukup mudah bukan? Oh  iya, software ini tidak berbayar loh, jadi Anda bisa melakukannya di rumah atau tempat membeli. Namun sebelumnya izin dulu ya dengan penjualnya, dia pasti mengizinkan kok jika yang dijual adalah produk original.

5. Kecepatan Internet dan Potensi Hang

Kecepatan-Internet-dan-Potensi-Hang

Cara cek Samsung asli atau tidak selanjutnya bisa dilihat dari kecepatan internet dan potensi hang atau blank. Samsung yang palsu cenderung memiliki kecepatan internet yang lambat, namun hal ini tentunya juga bergantung pada provider yang Anda gunakan.

Jadi, pastikan Anda berada di koneksi internet yang stabil, bisa juga dengan menggunakan Wifi. Selain itu smartphone palsu akan berjalan lambat dan mudah hang hanya dengan membuka beberapa aplikasi saja.

Jika sudah seperti itu, yang harus Anda lakukan adalah mengecek RAM nya, jangan-jangan memang tidak sesuai dengan spesifikasi asli yang dirilis oleh pihak Samsung Resmi. Hal ini tentu membuat smartphone berpotensi rusak lebih cepat. Sungguh merugikan bukan?

6. Melakukan Perbadingan Harga dan Spesifikasi

Melakukan-Perbadingan-Harga-dan-Spesifikasi

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa Anda harus melakukan perbandingan spesifikasinya. Misalnya Samsung Galaxy S20 Ultra mempunyai RAM 12 GB dengan harga mencapai belasan juta rupiah.

Nah jika Anda menemukan merek yang serupa, namun harganya hanya 3-4 jutaan maka patut dicurigai, apakah asli atau tidak. Kemungkinannya ada tiga, pertama ditipu si penjual, kedua barangnya palsu atau replika dan ketiga spesifikasi yang tidak cocok.

Biasanya, smartphone palsu memiliki resolusi kamera di bawah rata-rata. Ini ciri yang paling mudah, silahkan buka kamera dan lakukan pemotretan, bandingkan dengan hasil yang dirilis oleh pihak Samsung resmi. Jika perbedaannya jauh, maka sudah bisa dipastikan itu KW.

Ingat ya, jangan tertipu dengan harga murah. Anda harus teliti, tidak mungkin kan harga jualnya lebih murah dibandingkan dengan harga beli komponen smartphone?

7. Cek Kondisi Fisik

Cek-Kondisi-Fisik

Cara cek Samsung asli yang ketujuh adalah dengan melihat kondisi fisiknya. Jika bentuknya sedikit berbeda, misal lengkungan pada tampilan luar, maka patut dipertanyakan. Selain itu, produk asli biasanya juga dibungkus dengan plastik berlogo Samsung, sedangkan yang palsu hanya bungkus biasa.

Pastikan juga smartphone masih tersegel karena itu menandakan bahwa belum pernah dilakukan pembongkaran sebelumnya. Lihat apakah ada tulisan SEIN di bagian dalamnya.  Jika ada maka smartphone tersebut asli dari Samsung Electronic Indonesia.

Anda patut curiga jika tidak menemukan logo dan segel apapun di bagian dalamnya. Sekali lagi, jangan sampai tertipu ya!

8. Kartu Garansi

Kartu-Garansi

Bagaimana jika dari fisik dan dusbook tidak bisa dibedakan? Anda bisa melihat kartu garansinya. Samsung yang palsu juga akan bergaransi palsu karena tidak langsung terafiliasi dengan pihak resminya.

Mengecek kartu garansi ini rata-rata baru dilakukan pembeli setelah merasa ada yang berbeda dengan smartphonenya. Nah Anda tidak boleh menirunya, sebaiknya mintalah ke gerai untuk diizinkan melihat kartu garansi.

9. Aplikasi Khusus dari Samsung

Aplikasi-Khusus-dari-Samsung

Anda harus tahu apa saja sih aplikasi bawaan Samsung, diantaranya  adalah S Planner, Samsung Apps, S Translator, S Voice dan lain-lain. Jika smartphone yang Anda beli tidak memiliki salah satu diantara beberapa aplikasi di atas maka bisa dipastikan itu palsu.

Hal ini dikarenakan, aplikasi di atas tidak ditemukan di Play Store dan langsung terintegrasi dengan sistem ketika pertama kali diciptakan.

Anda harus berhati-hati dan gunakan cara cek Samsung asli di atas ketika ingin membeli smartphone baru karena hingga saat ini  Samsung memang masih menjadi trend dan digemari oleh masyarakat , sehingga banyak oknum  tak bertanggung jawab yang ingin mengambil keuntungan.

  • Share