5 Cara Split Screen Layar Xiaomi

  • Share

Cara membuat split screen layar Xiaomi  sebenarnya cukup mudah. Anda hanya perlu melakukan beberapa cara atau langkah dan bisa langsung menikmati fitur menarik ini. Split screen biasanya dihadirkan pada Xiaomi keluaran baru mulai dari Redmi 4 ke atas.

Sebelum anda melakukan split screen pada layar yang dimiliki oleh Xiaomi. Beberapa hal yang harus dilakukan agar proses ini berjalan dengan lancar. Selain itu, Anda juga harus tahu beberapa hal yang harus dilakukan dan dihindari agar split screen tidak gagal total.

Cara Split Screen Layar Xiaomi Semua Tipe yang Mudah

1. Mengaktifkan Split Screen Layar Xiaomi

Sebelum menggunakan split screen pada ponsel Xiaomi Anda wajib mengaktifkan terlebih dahulu. Secara umum untuk mengaktifkan fitur ini anda bisa menggunakan beberapa langkah di bawah ini.

  • Masuk pada Setting atau setelan di Xiaomi yang Anda gunakan.
  • Gulir ke bawah untuk mencari Setelan tambahan.

Gulir-ke-bawah-untuk-mencari-Setelan-tambahan

  • Pilih Pintas Tombol dan Gerak atau shortcut.
  • Selanjutnya Anda bisa mengetuk pada menu buka split atau open split.

Selanjutnya-Anda-bisa-mengetuk-pada-menu-buka-split-atau-open-split

  • Akan muncul beberapa opsi pilihan yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Opsi yang akan ditampilkan pada pengaturan akan kita bahas secara lengkap pada bulan selanjutnya. Anda bisa menyesuaikan mana yang sekiranya mudah dilakukan dan tidak menyebabkan sering melakukan kesalahan karena salah pencet.

2. Split Layar dengan Tombol Home

Cara ini hanya bisa digunakan ketika aktifkan mode split screen Anda memilih tombol home sebagai jalan pintasnya. Setelah melakukan pengaktifan, lakukan langkah di bawah ini untuk melakukan proses split screen.

  • Anda bisa membuka 2 aplikasi yang akan dimasukkan pada mode split screen.
  • Usahakan anda menutup semua aplikasi lain agar RAM tidak terbebani oleh aplikasi yang berjalan pada background.
  • Setelah dua aplikasi berjalan pada background Anda bisa menekan tombol home yang ada di bagian tengah.
  • Tahan selama beberapa saat sampai tulisan split screen di bagian atas muncul.

Tahan-selama-beberapa-saat-sampai-tulisan-split-screen-di-bagian-atas-muncul

  • Geser salah satu aplikasi yang akan berada di atas. Selanjutnya tekan aplikasi kedua untuk mengisi bagian layar di bawah.
  • Saat ini split screen sudah berjalan dan 2 aplikasi bisa digunakan secara bersamaan.

3. Split Layar dengan Tombol Back

Apabila menggunakan tombol back pastikan untuk mengaktifkannya terlebih dahulu sesuai dengan cara nomor satu di atas. Selanjutnya ikuti langkah di bawah ini.

  • Buka 2 aplikasi secara bersamaan dan pastikan aplikasi lain sudah ditutup.
  • Tekan tombol back selama beberapa detik sampai memunculkan tulisan split screen di bagian atas.
  • Geser salah satu aplikasi ke layar atas dan salah satunya di bagian bawah.

Geser-salah-satu-aplikasi-ke-layar-atas-dan-salah-satunya-di-bagian-bawah

  • Model split screen sudah bisa digunakan.

4. Split Layar dengan Tombol Menu

Split-Layar-dengan-Tombol-Menu

Secara umum cara ini hampir sama dengan dua cara yang sudah dibahas sebelumnya. Anda hanya perlu membuka 2 aplikasi secara bersamaan. Lanjutnya menekan tombol menu. Begitu sudah muncul tulisan split screen bisa drag salah satu aplikasi ke atas dan lainnya ke bawah.

5. Split Layar Cara Alternatif

Cara alternatif untuk melakukan split layar adalah dengan mengikuti beberapa langkah di bawah ini. Cara kelima ini bisa digunakan meskipun tiga cara di atas sudah diaktifkan.

  • Pertama buka salah satu aplikasi yang ingin dibuka secara bersamaan.
  • Ikuti dengan membuka aplikasi kedua yang juga ingin dibuka dengan menggunakan mode split screen.
  • Tekan tombol more apps untuk melihat aplikasi apa saja yang sudah dibuka sebelumnya.

Tekan-tombol-more-apps-untuk-melihat-aplikasi-apa-saja-yang-sudah-dibuka-sebelumnya

  • Di bagian atas akan terlihat menu split screen.
  • Tekan tombol split screen yang akan membuat layar terbagi menjadi dua.
  • Drag atau geser salah satu aplikasi untuk menuju layar di atas.
  • Selanjutnya tekan aplikasi untuk mengisi layar di bagian bawah.
  • Saat ini layar sudah diisi oleh dua aplikasi dan siap digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Split Layar Xiaomi

Sebelum melakukan proses split screen pada layar Xiaomi ada beberapa hal yang harus diperhatikan dengan baik. Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Membebani RAM

membebani-ram

Saat melakukan split screen, artinya dua aplikasi akan berjalan secara bersama-sama. Biasanya saat membuka aplikasi secara bersamaan, salah satunya akan aktif dan salah satunya akan berjalan dalam mode background. Namun, split screen akan menjalankan keduanya secara bersamaan.

Dua aplikasi yang bisa dijalankan secara bersama-sama membuat sistem akan bekerja secara intens. RAM akan semakin terbebani sehingga kemungkinan mengalami macet atau kesulitan untuk melakukan aktivitas akan besar. Apalagi jenis RAM yang digunakan hanya 2 GB saja.

2. Ada kemungkinan aplikasi tertutup

ada-kemungkinan-aplikasi-tertutup

Risiko menggunakan ponsel dengan RAM pas-pasan dan ingin melakukan split screen adalah aplikasi yang tertutup dengan sendirinya. Satu aplikasi atau dua aplikasi yang sudah dibuka bersama bisa menutup dan tidak bisa dijalankan secara persamaan.

Meski menu pada split screen masih menggunakan dua aplikasi tersebut. Begitu anda menekan salah satu untuk melakukan operasi, aplikasi akan loading dengan sendirinya. Akan sangat merepotkan jika setiap menggunakan aplikasi semua harus loading dari awal terlebih dahulu.

4. Tidak berlaku di beberapa aplikasi

tidak-berlaku-di-beberapa-aplikasi

Meski split screen layar Xiaomi bisa diaplikasikan ke sebagian besar aplikasi. Beberapa ada yang tidak mengizinkan fitur ini. Desa beberapa game dengan kualitas HD dan penampakan layar yang besar. Split screen tidak akan mampu menampilkan semua display dari game sehingga pengembang tidak mengizinkannya.

Beberapa aplikasi lain seperti memutar video juga tidak bisa menggunakan metode split screen. Jika dilakukan fungsi split screen tidak akan bisa berjalan dengan. Aplikasi juga bisa tertutup dengan sendirinya tanpa harus dipaksa terlebih dahulu.

5. Tidak Semua Aplikasi Bekerja Bersamaan

tidak-semua-aplikasi-bekerja-bersamaan

Selain tidak bisa menggunakan model speed screen atau bisa layar, berapa aplikasi tidak bisa dijalankan bersama-sama. Jika aplikasi dijalankan bersama-sama akan terjadi crash sehingga salah satu akan mati atau keduanya dipaksa untuk tidak berjalan.

Tidak bisa berjalan bersama-sama adalah aplikasi musik atau video. Apabila keduanya dipaksa berjalan bersama perangkat akan bingung harus menampilkan suara atau video dari mana. Itulah kenapa salah satu atau keduanya akan dipaksa berhenti agar tidak terjadi masalah pada sistem.

Sebagian besar cara di atas bisa digunakan untuk melakukan split screen layar Xiaomi pada semua tipe. Anda bisa menggunakan salah satu yang dirasa paling mudah. Yang paling penting fitur split screen sudah diaktifkan terlebih dahulu agar bisa berjalan dengan baik.

Seperti yang sudah dibahas di atas, melakukan split screen artinya membuka beberapa aplikasi secara bersamaan. Apabila jenis ponsel yang Anda gunakan memiliki spesifikasi rendah, satu aplikasi atau keduanya akan menutup secara bersamaan.

Anda harus membuka lagi atau menunggu aplikasi loading untuk bisa menggunakan semua aplikasi tersebut.

Pada ponsel yang sudah memiliki spesifikasi tinggi seperti RAM yang besar. Split screen layar Xiaomi akan sangat bermanfaat. Apalagi mereka sedang bekerja dan ingin membagi layar nya untuk membaca referensi dan juga mengetik pada layar.

 

Lihat Juga :

  • Share