8 Game Edukasi Anak PC HP Offline

  • Share

Jika zaman dahulu anak kecil hanya bermain kelereng dan petak umpet. Berbeda dengan saat ini yang sudah modern. Bahkan anak kecil sudah bisa mengoperasikan HP atau PC sendiri. Oleh sebab itu, peran orang tua sangat diperlukan contohnya saja mengisinya dengan game edukasi anak.

Dengan begitu akan membuat Anda lebih tenang karena anak tidak akan membuka hal-hal yang berbahaya. Oleh sebab itu, disini kamu rekomendasikan beberapa game untuk anak Anda.

Aplikasi Game Edukasi Anak di PC / HP

Beberapa rekomendasi di bawah ini sangat bermanfaat bagi Anda untuk memberikan anak hiburan di PC atau Hpnya. Anda bisa menyiapkan beberapa game di bawah ini.

1. Coloring Book

Coloring-Book

Rekomendasi game pertama yaitu coloring book atau game mewarnai gambar pada PC atau HP. Melukis merupakan salah satu media pembelajaran anak untuk bersantai atau untuk mengenal warna-warna. Coloring Book sangat cocok digunakan untuk anak usia Paud, TK, hingga SD.

Selain mengasah kemampuan memadukan warna, juga melatih keterampilan anak agar lebih kreatif dan mandiri dalam belajar. Anak tidak akan bosan karena di dalamnya sudah disediakan banyak gambar menarik tanpa warna yang harus dikerjakan oleh anak Anda. Game ini sangat ringan sehingga bisa dimainkan di Windows Vista ke atas.

2. Maze Book

Maze-Book

Maze Book bisa Anda mainkan di PC yang akan menjadikan game ini sangat menarik untuk anak Anda. Gamenya sangat ringan dan bahkan bisa digunakan secara offline yang berarti tidak perlu internet untuk memainkannya.

Untuk mengasah kemampuan berfikir anak agar berpikir secara rasional maka sangat baik memainkan Maze Book. Selain itu, kemampuan berpikir yang tinggi akan membantu untuk perkembangan otak anak.

Maze Book yang merupakan game labirin ini akan memaksa anak untuk berfikir bagaimana cara untuk menemukan jalan keluar. Disini labirinnya ada kategori mudah hingga susah karena memiliki banyak level untuk permainannya.

Mungkin jika berpikir melewati labirin akan terlihat rumit dan membingungkan. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena game ini sudah banyak dikuasai oleh anak kecil karena tampilannya yang menarik membuatnya terlebih lebih mudah dan tidak membingungkan.

3. World of Zoo

World-of-Zoo

Game edukasi ini dapat Anda mainkan di PC atau laptop dengan ringan dan offline. Seperti namanya, World Zoo menceritakan mengenai game kebun binatang dengan banyaknya koleksi hewan yang beraneka ragam untuk membangun sebuah kebun binatang.

Game ini akan mengajarkan anak untuk mengenal lebih banyak hewan serta harus mengumpulkan banyak binatang domestik maupun non domestik. Yang nantinya, hewan tersebut dapat disunting tampilannya dengan fitur animal editor.

Dalam fitur animal editor maka pemikiran anak bisa diasah agar mendesain tampilan hewan agar sesuai dengan apa yang mereka pikirkan atau imajinasinya. Tak hanya itu, anak-anak juga harus menyelesaikan misi seperti merawat serta memberikan makan hewan agar tumbuh dengan baik. Sangat menarik kan?

4. Nancy Drew

Nancy-Drew

Game edukasi anak selanjutnya yaitu Nancy Drew. Game ini memang kurang cocok dimainkan oleh anak SD namun cocok dimainkan oleh anak SMP. Pasalnya game nancy drew mengarahkan pada pemecahan berbagai masalah dan beberapa puzzle seperti layaknya detektif amatiran.

Nancy Drew adalah salah satu nama tokoh yang akan menyelidiki ancama terhadap seorang siswa yang nekat membaca pidato perpisahan. Bahkan hingga membunuh siswa lain. Hal ini yang tidak cocok dimainkan oleh anak SD.

Namun, sebelum membunuh tersebut maka anak harus memecahkan beberapa teka –teki. Juga harus memecahkan masalah dan menemukan siapa tersangka yang sebenarnya. Memang sedikit mengerikan, namun sangat baik jika dimainkan oleh anak yang tingkat dewasanya tinggi.

5. Babysitting Mania

Babysitting-Mania

Dinamakan Babysitting Mania karena bisa dimainkan oleh anak perempuan seumuran anak SMP yang bisa menjadi baby sitter. Pastinya, anak harus belajar cara menjaga serta merawat bayi yang lebih cocok dimainkan oleh anak perempuan.

Nama pemeran utamanya yaitu Stacy yang sedang membutuhkan pekerjaan paruh waktu karena membutuhkan banyak uang untuk membeli teleskop. Oleh sebab itu, Stacy akan memerankan sebagai babysitter yang menjaga bayi.

Anak Anda akan mengetahui bahwa mengurus seorang bayi tidaklah mudah dikarenakan harus memperhatikannya lebih lagi. Cocok untuk anak perempuan yang sedang memiliki adik kecil sehingga mampu membantu ibu dalam mengurus adiknya atau hanya untuk menjaganya.

Selain belajar empati disini, maka anak juga akan memanajemen waktu karena harus cepat menyelesaikan pekerjaan. Anak akan tumbuh lebih dewasa dan mengerti bahwa menjalani kehidupan harus tangkas dan cepat dalam bergerak.

6. Cake Mania 3

Cake-Mania-3

Cake mania 3 merupakan rekomendasi game edukasi anak berikutnya. Player memerankan Jill Evans yang merupakan pemeran utama dalam game ini. Jill Evans merupakan gadis pembuat kue yang memiliki keinginan tinggi yaitu membeli rumah sendiri.

Anak akan mengelola toko kue yang terdapat di berbagai lokasi legendaris seperti Cina Kuno, Inggris abad pertengahan, serta Perancis saat revolusi. Dengan begitu, anak akan lebih mudah memahami bahwa perlu mengatur waktu sedemikian rupa dengan baik.

Pastinya anak akan tangkas serta bermain dengan cepat dalam menyelesaikan pengelolaan toko di berbagai tempat. Contohnya yaitu harus melayani pelanggan yang ingin memesan kue dan harus dilakukan dengan cepat agar pelanggan senang dan tidak menunggu lama.

7. Children’s Doctor: Dentist

Childrens-Doctor-Dentist

Dentist merupakan game untuk dokter gigi. Dengan game ini maka anak akan lebih mengetahui bagaimana cara menggosok gigi yang baik. Tak hanya itu, menjaga kesehatan gigi juga akan diberikan edukasi di game ini.

Sangat baik untuk anak karena akan membantunya dalam merawat gigi serta saat dibutuhkan ke dokter gigi anak tidak akan takut lagi. Bahkan, bagi anak Anda yang ingin menjadi dokter gigi sangat bagus jika memainkan game ini sehingga dari kecil sudah mengerti gambaran umum untuk bekerja sebagai dokter.

8. Kids Farm

Kids-Farm

Game satu ini bisa dimainkan oleh anak karena memberikan edukasi banyak hal seperti mengenal tanaman dan sayuran. Cocok dimainkan oleh anak TK dan SD. Permainan ini sangat edukatif dalam mengenalkan sayuran dan anak bisa menyukai makanan ini.

Tak hanya itu, anak akan bisa merawat, menyirami, serta melindungi tanaman sayurannya dari hama tanaman. Anak akan lebih peduli terhadap tanaman bahkan alam. Dengan begitu anak akan senang bermain game dan pastinya tidak membuat bosan.

Untuk mendownloadnya Anda bisa mencari link terkait di Google dengan mengetikkan Kids Farm. Bagaimana? Sangat menarik bukan untuk anak Anda yang sedang berkembang?

Dengan rekomendasi game edukasi anak di atas maka akan membuat anak berpikir lebih luas dan dewasa. Dari anak kurang tahu menjadi tahu. Namun, Anda harus memastikan bahwa gamenya memang sesuai dengan umur anak Anda agar menjaga pertumbuhan anak dan tidak membuatnya bingung.

 

Lihat Juga : 8 Game Berdandan dan Berpakaian Anak

  • Share